Minggu, 06 Januari 2013

PERKEMBANGAN NEW MEDIA

PERKEMBANGAN NEW MEDIA, MACAM-MACAM SOCIAL NETWORK, DAN DAMPAK SOCIAL NETWORK BAGI MASYARAKAT

New media adalah media baru yang merupakan wadah dari perkembangan ilmu teknologi yang secara tidak langsung mempengaruhi budaya dan cara pendidikan di lingkungan masyarakat. Dalam situasi ini banyak sekali contoh media-media baru mulai dari media elektronik sampai ke media cetak. Media elektronik pada zaman dimana belum adanya televisi semua orang mendapatkan berita-berita secara langsung melalui radio dan setelah ada televisi masyarakat mulai meninggalkan radio dan pada zaman modern seperti sekarang ini mulai berkembang dengan cepat internet yaitu jaringan antar komputer yang dapat menghubungkan langsung antara satu komputer ke komputer lainnya di seluruh penjuru dunia yang mempunyai alamat internet masing-masing yang dinamakan web. Setelah adanya internet kita dapat menambah interaksi terhadap masyarakat dunia melalui jejaring sosial yang terdapat pada internet yang saat ini telah menjadi jembatan seseorang untuk berhubungan secara tidak langsung terhadap orang lain dimanapun dia berada dan menjadi sebuah dunia baru yang sering disebut dengan dunia maya. Dampak dari new media yang telah disebutkan diatas tadi yaitu internet memiliki beberapa pengaruh positif dan negatif. Internet sangat berpengaruh positif asalkan digunakan dengan benar, seperti dibidang budaya maupun pendidikan misalkan saja pada budaya internet menjadi sebuah wadah untuk memperkenalkan budaya-budaya dari masing-masing daerah maupun negara.
SOCIAL NETWORK ( jejaring sosial )                                                                   
1.           Facebook
                     http://www.facebook.com
Facebook adalah sebuah situs jejaring sosial yang diluncurkan pada Februari 2004, Facebook memiliki lebih dari 600 juta pengguna aktif.Pengguna facebook dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna lain sebagai teman dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung dengan grup pengguna yang memiliki tujuan tertentu, diurutkan berdasarkan tempat kerja, sekolah, perguruan tinggi, atau karakteristik lainnya. Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg. Keanggotaan situs web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang berusia minimal 13 tahun. Facebook merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut pengguna aktif di seluruh dunia.
2.     MySpace
                      http://www.myspace.com/
MySpace adalah situs jejaring sosial yang menawarkan jaringan antar teman, profil pribadi, grup, blog, musik, foto, dan video. MySpace didirikan oleh Tom Anderson pada bulan agustus 2003.  Markas situs ini terletak di Beverlly Hills, California, Amerika Serikat. Tetapi pada tahun 2005, News Corp membeli MySpace dan secara resmi MySpace berpindah tangan menjadi milih News Corporation. MySpace juga merupakan jejaring sosial yang paling banyak digunakan bersaing ketat dengaan facebook.
3.     Twitter
                                    http://twitter.com/
Twitter adalah sebuah situs jejaring sosial berupa mikroblog sehingga memungkinkan penggunanya untuk mengirim dan membaca pesan yang disebut kicauan (tweets). Kicauan ini adalah teks tulisan hingga 140 karakter yang ditampilkan pada halaman profil pengguna. Kicauan bisa dilihat secara luar, namun pengirim dapat membatasi pengiriman pesan ke daftar teman-teman mereka saja. Pengguna dapat melihat kicauan penulis lain yang dikenal dengan sebutan pengikut. Sejak dibentuk pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey, Twitter telah mendapatkan popularitas di seluruh dunia dan saat ini memiliki lebih dari 100 juta pengguna. Hal ini kadang-kadang digambarkan sebagai “SMS dari internet”.
Dampak positif dan negatif dari penggunaan jejaring sosial.
Dampak positif :
·        Mempermudah komunikasi dengan teman.
·        Memperluas jaringan pertemanan.
·        Bisa digunakan untuk mencari teman lama.
·        Bisa digunakan untuk menjual barang secara online.
·        Media penyebaran informasi.
Dampak negatif :
·        Ketergantungan.
·        Membuang-buang waktu.
·        Kejahatan dunia maya (cyber crime).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar